Mencegah Penyakit Jantung Dengan Kulit Manggis - Media Ekspres

Sabtu, 25 April 2020

Mencegah Penyakit Jantung Dengan Kulit Manggis

Di Indonesia penyakit Jantung merupakan penyebab kematian yang menempati posisi pertama, dan yang kedua penyakit stroke. Dan penyakit jantung banyak yang disebabkan oleh kadar kolesterol yang tinggi. Kolesterol ada banyak jenisnya,tiga diantaranya :
Mencegah Penyakit Jantung Dengan Kulit Manggis
Buah Manggis
1. HDL (High density lipoprotein)

HDL sering disebut kolesterol baik, karena bisa membuang kelebihan kolesterol jahat di pembuluh darah arteri kembali ke hati untuk diproses dan dibuang. Maka, HDL mampu mencegah kolesterol mengendap di arteri serta melindungi (proteksi) dari aterosklerosis (terbentuknya plak pada dinding pembuluh darah).

2. LDL (Low density lipoprotein)

Kolesterol LDL ini merupakan kolesterol yang mengangkut paling banyak kolesterol di dalam darah. LDL bisa juga disebut sebagai kolesterol jahat, karena kadar LDL yang tinggi dapat menyebabkan mengendapnya kolesterol dalam arteri.

3. Trigliserida

Trigliserida ialah salah satu jenis lemak yang terdapat dalam darah serta berbagai organ dalam tubuh. Meningkatnya kadar trigliserida di dalam darah bisa meningkatkan kadar kolesterol. Sejumlah faktor bisa mempengaruhi kadar trigliserida dalam darah seperti kegemukan, minum alkohol, makan gula, makan lemak.

Yang biasanya menyebabkan penyakit jantung adalah tingginya kadar LDL dan Trigliserida. Kadar LDL dan trigliserida yang tinggi ini biasanya disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur, terutama kebiasaan makan malam dengan porsi super. Akibatnya kadar LDL dan trigliserida yang tinggi, terjadi penumpukan lemak dipembuluh darah, penumpukan ini mengakibatkan proses metabolisme dalam tubuh terganggu dan ini biasanya membuat badan pegal, dingin, lemas dan kepala sakit. Dan ini bisa menyebapkan berbagai penyakit yang salah satunya adalah penyakit jantung.

Kandungan xanthone yang berasal dari ekstrak kulit buah manggis mampu meredakan/menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida. Dengan menurunkan kadar LDL dan trigliaserida zat tersebut membantu mencegah penyakit jantung. Untuk mendapatkan xanthone anda tidak perlu jauh-jauh keluar negeri untuk memperoleh ekstark kulit manggis, anda bisa mendapatkannya di apotek-apotek yang ada didaerah anda. Tapi kalau anda menginginkan yang masih alami, anda giling kulit manggis lalu diseduh dengan air, kemudian diminum sedua dari kulit buah manggis tersebut.

Share with your friends